Jadikan mereka masa lalu dan kitalah masa depannya (Hilarius Kiswara)

tips agar anak Cinta Buku


Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang masih kecil akan mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap buku apabila mereka merasakan kontak yang hangat dan dekat dengan orangtuanya ketika membaca.ada beberapa tips untuk membantu anak-anak Anda agar senang membaca..

1. Sisihkan secara khusus “waktu untuk dongeng”. Hal ini terutama penting jika anak Anda masih balita. “Waktu Dongeng” tidak perlu lama – di sini yang penting kualitas – tapi upayakan agar ada jadwal tetap.

2. Pilih buku yang Anda sendiri akan suka membacanya. Kalau Anda tidak suka, anak akan bisa melihatnya.

3. Ketika memilih buku, ingatlah bahwa anak-anak mendengar dengan kemampuan satu tingkat lebih tinggi daripada membaca. Jangan pernah berasumsi abhwa anak kelas 1 tidak akan menikmati mendengar cerita yang ditulis untuk tingkat pendengaran anak kelas 4.

4. Selalu bacakan judul dan pengarang dari cerita yang akan Anda bacakan.

5. Sertakan ekspresi ketika membacakan cerita. Coba bayangkan adegan-adegan yang ada di pikira Anda, meskipun buku tersebut tidak ada gambar ilustrasinya. Hal itu akan membantu membuat dongeng Anda lebih hidup.

6. Gunakan variasi sambil membaca. Gerak tubuh, nada dan volume suara yang berbeda-beda kesemuanya menambah khasanah pengalaman dongeng bagi Anda maupun anak Anda.

7. Banyak anak-anak yang sangat senang “dongeng ulang.” Kalau anak Anda punya dongeng favorit, Anda bisa menjadikan pengalaman tersebut lebih interaktif.

8. Ajak anak Anda untuk membalik halaman, atau kalau dia suka, untuk membacakan kalimat yang dia sukai. Anda berdua bisa “menghiasi” ceritanya dengan efek suara, dialog tamabahan dan gerak tubuh serta mimik.

9. Baca pelan-pelan, dan coba bertanya dan menjawab pertanyaan selama dongeng berlangsung. Tunjukkan ilustrasi gambar dan bahas gambar tersebut. Tanaykan kepada anak Anda, “Menurut kamu apa yang akan terjadi kemudian?”

10. Pikirkan suatu kegiatan yang berkaitan, seperti memasak atau mengerjakan suatu karya seni atau prakarya, yang sesuai dengan cerita tertentu. Kegiatan yang melibatkan aktivitas membaca resep atau instruksi, misalnya, memperkuat nilai ketrampilan membaca.

11. Sabar tapi tegas kepada anak selama mendongeng. Biarkan anak –anak yang masih kecil atau yang tidak terlalu tertarik mencoret-coret atau menggambar sesuatu ketika Anda sedang membaca. Siapa tahu mereka bisa bahkan bisa menggambar ilustrasi cerita tersebut!

12. Coba ajak bicara guru anak Anda atau datangi perpustakaan setempat dan minta saran buku apa yang sebaiknya dibacakan. Ada banyak sekali daftar buku, dan mungkin bahkan terdapat informasi tentang buku mana yang paling bagus untuk dibacakan keras-keras.

Penting untuk ditekankan di sini bahwa membaca adalah suatu aktifitas yang menyenangkan. 15 menit yang disisihkan untuk membaca dongeng setiap hari mengandung manfaat bagi seluruh keluarga yang akan terasa dampaknya sepanjang hidup Anda dan anak-anak Anda.

Sumber: The Read-Aloud Handbook (Penguin USA, 1995), by Jim Trelease

Sumber: http://www.healthykids.com/hk/activities

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s