Jadikan mereka masa lalu dan kitalah masa depannya (Hilarius Kiswara)


imagesayo belajar pascal bersama-sama,,, nah di bagian kali ini kita akan membahas pengenalan variabel (variable). dan seperti biasanya saya akan menjelaskannya sebisa saya yaaa karna saya  juga sekalian belajar heheheh.

bagi yang belum punya aplikasi program pascal silakan download disini.

Sebelum kita belajar mengolah data seperti hitung-hitungan (operasi matematika), kita perlu tempat penyimpanan data sementara(akan hilang jika ditutup), yaitu variabel. Lalu, bagaimana cara menggunakan variabel tersebut?

sekarang coba scrip dibawah ini :

 

gambar1program hilarius_kiswara;

var

a:string;

begin

readln(a);

writeln(a);

readln(a);

end.

Script diatas mempunyai input dan output. Pertama-tama kita declare (deklarasi) dulu variabel a, kemudian kita buat input berupa teks, yang kita simpan ke dalam variabel a yang telah kita buat tadi. Nah, setelah itu perintah writeln berfungsi untuk menampilkan teks yang telah disimpan dalam variabel a.

Nah, apa fungsi readln(a), di akhir program? Fungsinya adalah untuk mencegah program untuk menutup halaman (windows) setelah menampilkan output (secara default, program akan ditutup sendirinya setelah mencapai akhir program).

nah sekarang coba lgi scrip di bawah ini :

gambar3

program hilarius_kiswara;

var

a:string;

x,y,z:integer;

begin

x:=5;

y:=7;

z:=x+y;

writeln(z);

readln(a);

end.

Itulah contoh pengunaan konsep aljabar sederhana pada PASCAL. Pada script di atas, pertama-tama program akan mendeclare (deklarasi) variabel a sebagai string, dan x, y, z sebagai integer. Setelah itu kita masukkan nilai x dan y masing-masing 5 dan 7. Kemudian kita isi variabel z dengan jumlah variabel x dan y, yaitu 5 + 7 = 12.

nah lumayan mudah bukan, intinya anda harus berani mencoba. sekian dulu post untuk kali ini, sampai jumpa dilain kesempatan ya….

Hilarius Kiswara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s