Jadikan mereka masa lalu dan kitalah masa depannya (Hilarius Kiswara)

Belajar Program Pascal


90f4063e796f5a40e8edc353a65df22c_turbo-pascal-15kali ini aku akan menjelaskan Tutorial membuat program dasar dengan menggunakan turbo pascal 1.5 . silakan download disini.

Kegunaan dari Turbo Pascal sendiri adalah untuk memudahkan pengguna untuk merancang dan membuat suatu program sederhana atau bahkan program yang sudah expert ( program bagus maksudnya , hehe jadi program yang benar-benar sudah dipikirkan kegunaannya dan pasti program tersebut sangatlah panjang ).

Nah disini saya akan memaparkan cara membuat program dasar dengan Turbo Pascal secara singkat dan mudah tapi disini saya akan menjelaskan sebisa saya saja, soalnya saya juga tidak bigitu mahir, hehe. Dan juga toturial ini menjelaskan bagaimana membuat program dasar , jadi sobat semua bisa mengembangkan sesuai keinginan sobat semua. Dari pada berlama-lama, langsung saja saya akan memulainya dengan yang gampang terlebih dahulu.

Bila di rasa semuanya sudah siap, sekarang kita akan memulai membuat program yang paling dasar. Sebelumnya instal terlebih dahulu Turbo pascal 1.5 di Komputer atau laptop sobat. Bila Turbo Pascal sudah terinstal di komputer atau laptop sobat, langsung saja saya akan menjelaskan tentang struktur program dasar dan koding sebagai output.

 

Silahkan buka turbo pascal 1.5 di komputer atau laptop sobat kemudian pada bar klik new untuk memulainya lalu silahkan agan ketik seperti di bawah ini :

gambar1

program …….;

uses wincrt;

begin

writeln(‘……………………’);

write(‘……………………’);

end.

Keterangan :

Program belajar; | adalah berfungsi sebagai awalan dan untuk penamaan nama program yang kita buat.
Uses wincrt; | adalah fungsinya sangat penting yang digunakan untuk membuat program di sistem operasi windows , nah untuk di linux kita ketik dengan kode ‘Uses crt’ tanpa tanda petik.
Begin | merupakan sebagai awalan pembuatan sebuah program dan begin tidak diakhiri dengan ;
Write | berfungsi untuk menampilkan kalimat kita kehendaki terpampang di monitor dan hanya meampilkan dalam satu baris saja.
Writeln | fungsinya seperti write , namun writeln ini berfungsi layaknya enter di ms word , yang meneruskan kamlimat di baris berikutnya.
End. | sebagai akhiran untuk membuat program.

Hasilnya akan seperti gambar di bawah :

gambar2

Nah bagaimana ? mudah bukan, tutorial di atas adalah sebagai awal atau materi dasar membuat program dasar menggunakan program Turbo Pascal 1.5 . Untuk materi berikutnya saya akan jelaskan di tutorial berikutnya. Jadi jangan bosan-bosan berkunjung di blog ku ini.

Sebelumnya, saya minta maaf yang sebesar-besarnya bila ada salah kata atau kalimat yang tidak berkenan. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Hilarius Kiswara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s